History Of Linux - .:Tux ind:.

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 17 Oktober 2017

History Of Linux


Intro 


Sebelum masuk kedalam pembahasan history nya linux alangkah baik nya kita mengenal dulu apa itu Linux ? Linux adalah sistem Operasi yang sama halnya dengan Windows,MacOS dll yang sering kita gunakan.tapi bukan berarti untuk mendapatkan Linux kita membelinya karna Linux bersifat Open Source, jika ada yang belum tau apa itu Open Source cek di bawah :D.

Baca Juga : Sudah Kenal Open Source ?

Selain itu Linux bisa kita kembangkan sesuai kebutuhan yang akan kita gunakan mulai dari kebutuhan Instansi,komunitas,Sekolah dll.

History

Masuk dalam pembahasan History Linux pada awalnya sebelum hadir Linux banyak Sistem Operasi yang hadir pada saat itu contoh : windows,Macintosh dll yang populer pada saat itu. namun pada tahun 1960-an hadir UNIX sebagai Sistem Operasi yang dikembangkan menggunakan bahasa Pemogramman C yang sangat gampang dalam pemindahaan Platform.sehingga UNIX pada saat itu memiliki beberapa jalur pada perkembangan nya dan salah satu nya hasil perkembangan dari UNIX yaitu adalah MINIX, Minix adalah hasil turunan nya dari UNIX yang pada saat itu di kembangkan oleh A. S. Tanenbaum untuk tujuan pendidikan pada tempat dia mengajar.
Gambar 1.1 A. S. Tanenboum
namun pada saat itu A. S. Tanenbaum tidak bisa membagikan Source code secara bebas, dari sinilah munculah seseorang mahasiswa yang bernama Linus Torvalds yang dimana dia membuat kernel yang hasil dari Referensi dari MINIX yang dimana dia meresa Frustasi di karenakan MINIX tidak bisa melakukan yang lebih dari dia inginkan berangkat dari rasa Frustasi itulah Linus membangun kernel yang di mana dia memberi nama yaitu LINUX. 


Gambar 1.2 Linus Torvalds

tapi hambatan yang dirasakan oleh Linus adalah kernel yang dia kembangkan tidak akan sempurna bila tidak adanya shell yang akan menjadi jembatan antara user dan kernel, namun pada saat itu linus bertemu dengan om richard stallman yang memiliki keresahaan yang sama yaitu tentang Proyek dia bangun yang bernama GNU.Proyek GNU yang di pimpin oleh om richard itu sendiri memiliki kendala pada kernel di karenakan kernel yang mereka bangun pada saat itu tidak menyatu dengan tools - tools yang mereka bangun.

Gambar 1.3 Richard Stallman

sehingga pada saat itu om Linus dan Richard berencana menjalin kerjasama sehingga Linux menggunakan Tools - tools dari Proyek GNU dan terciptalah sistem operasi Linux lengkap beserta tools - tools terutama shell sebagai jembatan antara kernel dan user.

Logo

Gambar 1.4 Tux
berbicara tentang logo linux yang bernama TUX yaitu Pinguin kecil yang sampai sekarang menemani pecinta Linuxer seluruh dunia,memiliki cerita menarik sehingga om Linus Torvalds memutuskan Pinguin sebagai Logo Linux. pada awalnya Linus Torvlads jalan - jalan di taman perth pada saat itulah seekor pinguin kecil mematok tangan Linus Torvalds sehingga dia demam berhari - hari. ia pun berpikir bahwa kerakter Pinguin sangatlah cocok sehingga Linus Torvalds membuat kompetisi perlombaan membuat logo Linux semenarik mungkin sehingga Logo yang terpilih adalah Logo dari Larry Ewing Pinguin yang sedang duduk.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar