Kenal Open Source ? - .:Tux ind:.

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 15 Oktober 2017

Kenal Open Source ?

Kenal Open Souce ?


Open Source (Sumber terbuka) adalah sesuatu yang berhubungan dengan perangkat lunak yang memiliki Source Code yang lengkap di dalam perangkat lunak (software),sehingga kita bisa melihat nya dan mengembangkan Software yang dimiliki oleh orang tersebut. selain itu perangkat - perangkat lunak sudah banyak terseber seluruh Internet sehingga kita bisa mendownload (unduh) perangkat lunak tersebut secara gratis,tampa kita sadari banyak perangkat yang sering kita jumpai yang berbasis Open Source Contoh :

  1. Android adalah Sistem Operasi yang sering kita jumpai karna mudah kita berinteraksi selain itu Android berbasis Open Source karna mudah kita mengubah.
  2. Linux ya Sistem Operasi yang Fenomenal dari kalangan Networking,Programming dll tidak asing terdengar jika mendengar OS ini, selain terkenal Linux kita bisa kembangkan sesuai kebutuhan nya.

Keunggulan nya apa ?

jika membahas keunggulan open source banyak sekali keunggulan nya contoh nya seperti :
  1. Free dan Gratis : tidak perlu membayar sepersen pun untuk memilikinya Lisensi nya.
  2. mudah dan terjangkau : mudah kita dapatkan perangkat lunak karna sudah banyak tersebar di Internet
  3. tidak berdosa : dalam artian kita tidak perlu mencuri source code nya tapi kita cukup kembangkan software yang kita ambil dan source code yang di berikan oleh pemilik nya.

Bagus Nggak Sih Open Source ?

dari pengalaman pribadi banyak menggap bahwa perangkat lunak yang gratis itu murahan semua bahkan memandang bahwa perangkat lunak yang gratis itu sebagai bahan candaan. bukan dilihat dari perangkat nya tapi di lihat pengguna nya yang mampu memberikan Software yang mereka buat secara cuma - cuma kepada masyarakat tampa harus membeli nya inilah tingkat kesosial nya manusia di lihat, bukan seberapa hebat user membuat/membangun perangkat lunak tapi tingkat kepedulian nya kepada masyaratkat akan susah nya software yang harus membeli untuk mereka gunakan. 

Contoh Perangkat Lunak Open Source 

Berikut beberapa Daftar Perangkat Lunak yang populer di Open Source :
  1. Linux : Sistem Operasi yang populer di kalangan networking,Programming bahkan Desain.
  2. Libreoffice : Perangkat Lunak yang berkerja mengolah kata sama hal nya seperti Microsoft Office 
  3. Mozilla Firefox : browser yang saat sering kita gunakan ternyata Open Source lohh !
  4. Xampp : seorang programming tidak asing akan mendengar Xampp yang sering digunakan untuk membangun suatu website 
  5. Gimp/Inkscape : Software yang tidak kalah dengan software yang lain untuk belajar desain.
  6. Blender : jika ingin belajar seputar animasi tapi tidak tau Software apa yang mau di pakek Blender lah jawaban nya.

Komunitas Pencinta Open Source ada ?

banyak komunitas - komunitas di indonesia yang cinta akan open source salah satu nya adalah IGOS (Indonesia Go Open Source) adalah suatu Gerakan meningkatkan penggunaaan dan pengembangan perangkat lunak gratis dan bebas pada di indonesia untuk lebih lanjut Klik

mungkin hanya sebagian yang kami paparkan sebenarnya masih banyak lagi pembahasan Open Source yang teman - teman ketahui.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar